Monday, May 21, 2007

Kumpulan Mutiara Ilmu

Kumpulan Mutiara Ilmu

Oleh: Era Findo el Faqih

v Ibnu Qayyim berkata: '' Tahun-tahun adalah ibarat batang pohon. Bulan-bulan adalah dahannya. Hari-hari adalah rantingnya. Jam-kam adalah daun-daunnya. Dan nafas-nafas (insan di dunia) adalah buah-buahnya. Siapa yang nafasnya untuk ketaatan, maka ia akan berbuah manis. Dan siapa yang nafasnya untuk kemaksiatan, maka ia akan berbuah pahit. Hari memanen adalah pada hari pembalasan''.

v Nabi SAW bersabda: '' Siapa yang mempelajari suatu ilmu yang berguna untuk dirinya dan akhiratnya, maka Allah akan memberi pahala kebajikan penghuni dunia 700 tahun. Puasa siang harinya dan ibadah malam harinya, akan diterima oleh Allah tanpa ada yang ditolak''. ( jadikanlah hadits ini sebagai penyemangat diri dalam berbuat kebaikan/ Fadail amal. Sebab hadits-hadits seperti ini biasanya lebih banyak condong kepada hadits dhai'f)

v Kata Imam Syafii: '' Siapa yang tidak memanfaatkan masa mudanya untuk menuntut ilmu, maka bertakbirlah empat kali untuknya sebagai tanda kematiannya''.

v Nabi SAW bersabda: '' Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain. Dan sejelek-jelek manusia adalah yang panjang umurnya tapi jelek amal prilakunya''.

v Sabda Nabi SAW: '' Pada hari kiamat nanti, ditimbanglah tinta ulama dengan darah syuhada. Maka ternyata tinta ulama dilebihkan dari darah syuhada''.

v Sabda Nabi SAW: '' Seseorang yang pas-pasan ibadahnya tapi dermawan, jauh lebih dicintai oleh Allah SWT dari pada seorang ahli ibadah, tapi ia kikir''.

v Nabi SAW bersabda: '' Malaikat di langit dan di bumi akan melaknat siapa yang memberi fatwa kepada manusia tanpa pengetahuan''.

v Nabi SAW bersabda: '' Sebaik-baik ilmu adalah yang bermanfaat''.

v Nabi SAW bersabda: '' Para malaikat membentangkan sayap-sayapnya bagi para penuntut ilmu''.

v HAMKA pernah mengabarkan, bahwa ayahnya suatu kali pernah membaca sebuah riwayat, bahwa Abu Bakar itu matanya cekung, badannya kurus, perutnya kempes dan ia sering menangis karena takut kepada Allah SWT. masyaAllah

v Kata pepatah: '' Besi itu kuat, tetapi api dapat melelehkannya. Api itu kuat, tetapi air dapat memadamkannya. Air itu kuat, tetapi matahari bisa mengalahkannya. Matahari itu kuat, tetapi awan dapat menghalanginya. Awan itu kuat, tetapi angin mampu memindahkannya. Angin itu kuat, tetapi manusia mampu menahannya. Manusia itu kuat tetapi ketakutan bisa melemahkannya. Ketakutan itu kuat, tetapi tidur bisa mengatasinya. Tidur itu kuat, tetapi mati ternyata lebih kuat. Terkuat adalah kebaikan, ia takkan hilang setelah mati''.

v Kalaulah bukan karena ilmu, niscaya manusia itu akan seperti binatang.

v Belajarlah, karena seseorang itu tidak dilahirkan dalam keadaan pandai. Sungguh orang yang berilmu itu tidak sama dengan orang yang bodoh.

v Sesungguhnya ilmu yang disembunyikan akan melaknati pemiliknya.

v Umat Islam terlalu besar untuk bermimpi kecil.

v Sesungguhnya hati menjadi pusat pengambilan keputusan, maka jagalah ia sebaik-baiknya.

v Yakin adalah: '' Berusaha dengan seoptimal mungkin'' .

v Orang yang cerdas itu adalah: Orang yang bisa mengendalikan hawa nafsunya dan ia suka berbuat untuk kehidupan setelah mati.

v Nasehatilah kawan anda jika anda benar-benar mencintainya.

v Kebodohan itu adalah bagaikan sebuah kendaraan. Siapa yang menaikinya, pasti ia akan hina. Dan yang mengawininya pasti akan tersesat.

v Mengeluh dikala tertimpa bencana, maka itu adalah bencana pula.

v Siapa yang enggan melakukan evaluasi, maka bersiaplah menuai kegagalan demi kegagalan.

v Kebanggaan sejati adalah: Sikap senantiasa berbuat yang terbaik, meskipun tidak ada yang melihat dan mengawasinya.

v Kualitas karya kita akan mampu menjelaskan siapa kita sebenarnya.

v Beberapa profil yang membangun:

1. kokoh dan dinamis

2. dinamis dan kreatif

3. spesial dan berwawasan global

4. pendidik yang produktif

5. mampu beramal jamai'

6. pelopor perubahan

7. ketokohan sosial

v beberapa jenjang proses dalam pentarbiahan:

1. bersih aqidah

2. benar dalam beribadah

3. akhlaq yang kokoh

4. kuat fisik

5. berwawasan pemikiran

6. mampu berekonomi

7. terorganisir dalam segala urusan

8. cermat mengatur waktu

9. kuat kesungguhan jiwanya

10. bermanfaat bagi selainnya

v empat segi yang ditarbiah:

1. ruhiah : dengan mabit

2. jasadiah : dengan riyadhah jama'

3. ukhawiah : dengan rihlah

4. fikriah : dengan daurah

v adalah Musa'b Bin Khubaib al Anshori, saat ia ditawan di Mekkah, kemudian ia digantung di tiang gantungan. Ditiang gantungan itu ia ditawari musrik quraisy dengan sebuah ucapan: '' Apakah kamu mau jika Muhammad menggantikanmu dalam menjalani hukuman ini? Muasa'b menjawab:'' Demi Allah, aku tidak akan merasa rela apabila aku, istriku dan anak-anakku dalam keadaan baik, sementara Muhammad SAW tertusuk duri''.

v Hasan al Banna berkata tentang kader-kader yang akan mengemban dakwah: '' Kami menginginkan jiwa-jiwa yang hidup, kuat dan selalu muda, hati yang baru dan senantiasa berkibar-kibar dan ruh-ruh yang selalu mengelora dan berobsesi untuk menuju cita-cita yang tinggi''.

v Dalam perang khandaq, Salman al Farisi berkata kepada Nabi SAW: '' Wahai Rasulullah, dahulu kami adalah orang yang hidup di negeri Parsi. Apabila kami dikepung musuh, maka kami membuat parit''.

v Beberapa ilmu: Nabi yusuf adalah ahli keuangan negara. Nabi Sulaiman adalah ahli tata negara. Nabi Daud adalah ahli militer. Nabi Isa adalah ahli sosial. Namun Nabi Muhammad SAW adalah ahli seluruhnya.

v Diantara kelebihan Nabi Muhammad SAW adalah, ia mampu meletakkan seseorang sesuai dengan bakatnya. Seperti: Bilal ditugasi untuk melakukan azan. Khalid Bin walid sebagai panglima perang. Huzaifah sebagai intelejen. Zaid sebagai penulis wahyu dan penerjemah dan lain-lain.

v Doa abu Bakar takkala ia dipuji karena keberhasilannya menumpas pemurtadan setelah Nabi SAW wafat: '' Ya Allah jadikanlah aku lebih baik dari apa yang mereka katakan dan maafkanlah aku dari kesalahan yang mereka tidak tahu''.

v Selama di Madinah, ghazwah terjadi sebanyak 26 kali dan sariah sebanyak 38 kali.

v Kita hidup diatas dunia ini hendaklah beramal jamai'. Dengan arti kata saling bekerja sama dalam kebaikan. Sebab kerjasama itu akan mampu mengantarkan kita kepada kesuksesan. Dalam hal beramal jamai' ini, Rasulullah SAW telah memberikan contoh teladan kepada kita. Yakni ketika Nabi SAW hijrah ke Madinah bersama Abu Bakar, maka terjadilah amal jamai', yaitu:

Asma' Binti Abu Bakar ditugasi untuk mengantarkan makanan ke goa Tsur. Aisyah Binti Abu Bakar bertugas menyiapkan logistik. Abdullah Bin Abu Bakar sebagai pembawa kabar dari Mekkah untuk Nabi SAW. Pengembala kambing Abu Bakar ditugasi untuk menghapus jejak Rasulullah, Abu Bakar, Abdullah dan Asma' dengan jejak iringan kambing yang ia bawa. Serta ia memerah susu kambing untuk melepas dahaga Rasulullah SAW dan Abu Bakar. Sedangkan Abu Bakar sendiri bertugas menjaga keselamatan nabi SAW. Hal itu ia buktikan dengan mampunya Abu Bakar menutup lobang kecil di dalam goa, yang mengakibatkan ia disengat oleh seekor hewan berbisa, ia mampu menahan sengatan sengatan itu. Itulah bukti cinta yang hakiki.

v Khalifah Umar Bin Abdul Aziz memang merupakan seorang tipikal pemimpin yang agung. Hal itu ia buktikan dengan mengangkat seorang penasehat pribadinya. Yang mana penasehatnya itu adalah mantan budaknya sendiri. Ia berkata kepada mantan budaknya itu: '' Sesungguhnya para penguasa itu memasang mata-mata untuk mengawasi rakyatnya. Sedangkan saya akan mengangkatmu sebagai mata-mata untuk diriku sendiri. Jika kamu mendengar ucapanku yang tidak baik atau perbuatanku yang tidak kamu sukai , maka nasehatilah aku darinya''.

v Sebagai bukti iman yang hakiki, Usman Bin Affan mampu menginfakkan 1000 untanya untuk keperluan perang tabuk.

v Saat hasan al Banna berada di kelas tiga i'dadiah (setingkat SMU), ia dan kawan-kawannya mendirikan asosiasi anti haram. Adapun cara kerja mereka adalah: memberikan atau melayangkan surat tertulis sebagai peringatan kepada pelaku dosa atau maksiat.

v Nabi SAW bersabda: '' Tidak akan berkurang harta karena disedekahkan. Sesungguhnya seorang hamba yang mampu bersabar saat ia dizalimi, maka Allah SWT akan menambahkan kepadaya kemuliaan. Hamba yang tidak mau membukakan pintu rumahnya dari orang yang meminta-minta, maka Allah SWT akan membukakan baginya pintu kefakiran''.

v Empat tipe manusia:

1. hamba yang dikaruniai ilmu dan harta

2. hamba yang dikaruniai ilmu dan tidak dikaruniai harta

3. hamba yang dikaruniai harta dan tidak pula dikaruniai ilmu

4. hamba yang tidak dikaruniai ilmu dan tidak pula dikaruniai harta

keterangan: Nomor satu dan nomor dua adalah yang beruntung. Namun nomor tiga dan empat adalah yang merugi. Kenapa penulis mengatakan nomor tiga sebagai orang yang juga merugi? sebab: Keberuntungan yang sesungguhnya adalah orang yang memiliki ilmu. Coba tadabburi hadits Nabi SAW yang menerangkan tentang perlunya ilmu untuk bahagia di dunia dan akhirat. Wallahu a'lam

Ramsis nan hening, 21 May 2007

No comments: